Selain berbagai Pelatihan yang berhubungan dengan Hutan Rakyat, salah satu yang tidak luput dari perhatian Berdaya Hijau adalah kesiapan UMHR dan UKK dalam persoalaan pengelolaan dan kepengurusan di bidang organiasasi. Untuk itu, Pelatihan Administrasi dan Keuangan Kelompok UMHR dan UUK dilaksanakan.  Bertempat di Hotel Sikumbang, Luwu Timur, selama 27 hingga 29 Agustus, pelatihan ini menghadirkan Fadiah Mahmud dan Baharuddin sebagai ahli di bidang Auditor Keuangan sebagai fasilitator.

IMG-20170829-WA0009

BAPEDA turut hadir bersama para peserta pelatihan, hal ini ditujukan agar perwakilan BAPEDA dapat menjelaskan secara langung kebijakan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terkait dengan pengembangan UMHR termasuk unit-unitnya termasuk khususnya Unit Usaha Kreatif. Menyesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah agar program Berdaya Hijau dan UMHR sekaligus UKK bisa bergerak dengan mudah dalam pengkoordinsikan dan membangun kemitraan dengan Pemerintah.

“Manajemen masyarakat Luwu Timur dapat meningkatkan pendapatan dengan keterlibatan beberapa kegiatan ini. Seperti pengelolaan Hutan Rakyat, pembuatan pabrik veneer. Sempat saya mengunjungi beberapa tempat pembibitan untuk bahan baku veneer, dan telah melaporkan langsung kepada Bupati bahwa program kegiatan ini sangatlah baik bagi pemberdayaan masyarakat,” penjelasan Mahyuddin, perwakilan BAPEDA.

IMG-20170828-WA0031

Selain pembahasan utama mengenai administrasi dan keuangan yang menjadi inti dari pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini, ada juga pembahasan mengenai hal-hal umum yang biasa menjadi masalah di tigkat UMHR dan UUK. Setiap harinya, pelatihan di bagi menjadi dua sesi, dengan jam istirahat makan siang dan ibadah sholat dzuhur di antaranya. Pada hari pertama, sesi pertama lebih menekankan pada perwakilan dari Pemerintah dan informasi apa saja yang dapat digunakan untuk mempermudah kemitraan. Sesi kedua hari itu kemudian diisi oleh Ibu Fadiah Mahmud yang membahas pengantar Administrasi dalam kelompok, khususnya stuktur organisasi dan apa peran-peran khusus setiap jabatan.

IMG-20170828-WA0019

Pelatihan kemudian dilanjutkan di hari kedua, sesi pertama kembali diisi oleh Fadiah Mahmud. Pada sesi ini, topik pelatihan memasuki bagian keuangan dan fungsi-fungsi oprasionalnya, seperti contohnya pengadaan barang-barang yang dapat meningkatkan kinerja di kantor masing-masing UMHR. Memasuki sesi kedua, Baharuddin mengisi pelatihan hari itu dengan penjelasan mengenai Audit Keuangan, juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat Rancangan Anggaran Biaya. Masih di lokasi yang sama, pelatihan hari ketiga, Baharuddin kembali mengisi sesi pertama dengan melanjutkan pembahasan mengenai RAB. Masih dengan pembicara yang sama, Baharuddin melanjutkan pembahasan sesi kedua, mengenai Rencana Tindak Lanjut.

IMG-20170828-WA0026

“Jadi bapak ibu sekalian ini alur kegiatan kita jadi mudah-mudahan mendapatkan pengetahuan sehingga kapasitas lebih meningkat”, ungkap Jumardi Lanta, moderator Pelatihan Administrasi dan Keuangan, selaku Program Manager Capacity Building Berdaya Hijau.

IMG-20170828-WA0026